Download Info Guru Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMA/SMK/SMP/SD

Download Info Guru Panduan Penilaian untuk SMA/SMK/SMP/SD - Administrasi Guru dalam Info Guru akan membagikan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMA/SMK/SMP/SD.
Dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, guru dituntut untuk dapat merencanakan dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar siswa secara komprehensif, meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta mengolah dan membuat laporan hasil belajar siswa secara objektif, akuntabel, dan informatif.
Kendati demikian, dalam praktiknya tidak sedikit guru yang mengalami kesulitan dan permasalahan dalam menerapkan penilaian yang diisyaratkan dalam Kurikulum 2013 tersebut. Beberapa pertanyaan teknis yang kerapkali muncul di kalangan guru, antara lain:
Bagaimana mengembangkan teknik penilaian sikap untuk mengukur Kompetensi Sikap Spiritual (KI-1) dan Sikap Sosial (KI-2)?
Bagaimana menerapkan teknik penilaian portofolio atau projek untuk menilai kompetensi pengetahuan (KI-3) dan kompetensi keterampilan (K-4)?
Bagaimana membuat Laporan Hasil Belajar Siswa?
Tentu masih banyak lagi persoalan-persoalan teknis penilaian lainnya yang menghinggapi pemikiran guru. Berbagai kesulitan guru dalam mengembangkan penilaian siswa tersebut tampaknya disadari sepenuhnya oleh Kemendikbud. Oleh karena itu, guna membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar siswa, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat terkait, bersama Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk), telah menerbitkan buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA); Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP); dan Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Buku Panduan Penilaian ini diharapkan dapat memfasilitasi guru dan sekolah dalam mengembangkan penilaian proses hasil belajar siswa yang sejalan dengan tuntutan Kurikulum 2013.
Dalam Buku Panduan ini disajikan tentang konsep, teknik dan prosedur penilaian, baik untuk penilaian sikap, penilaian pengetahuan maupun penilaian keterampilan, disertai dengan beberapa contoh format penilaiannya. Di samping itu, dijelaskan pula tentang teknis pelaksanaan penilaian, pengolahan hasil penilaian dan pemanfaatan hasil penilaian, termasuk di dalamnya disajikan contoh Format Raport dan Cara Pengisiannya.
Jika Anda ingin men-download Buku Panduan Penilaian (versi Draft Final) yang saya peroleh dari berbagai sumber, silahkan klik tautan di bawah ini:
>>>>>>>>>
Panduan Penilaian di atas merupakan penjabaran dari Permendikbud No. 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Jika Anda ingin men-download Permendikbud No. 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, sihahkan klik tautan di bawah ini:
Semoga bermanfaat. Amin

0 komentar:

Posting Komentar