IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENYUSUNAN RPP SD/SMP/SMA/SMK

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENYUSUNAN RPP SD/SMP/SMA/SMK- Sahabat semua file ini sengaja diposting dengan tujuan untuk dimiliki dan dipahami oleh semua pendidikan karena membahas cara penyusunan RPP yang harus dikuasai oleh semua guru, tentunya hal ini wajib dipahami apabila anda seorang pendidik yang mengajar di pendidikan formal seperti SD/SMP/SMA/SMK.
Pengatar
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat menyelesaikan bahan ajar TOT pendampingan kurikulum 2013.
Proses pendampingan memiliki peran yang sangat signifikan dalam mensukseskan implementasi kurikulum implementasi kurikulum 2013 di sekolah. Oleh karena itu perlu dipersiapkan bahan pelatihan pendampingan yang sesuai tuntutan Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.
Dalam rangka mengawal suksesnya implementasi kurikulum 2013, peran pendamping dalam melaksanakan tugasnya perlu mendapat pencerahan dan penguatan agar mereka dapat melaksanakan tugas tersebut sesuai dengan tujuan, tuntutan, kebutuhan dan karakteristik kurikulum 2013, serta dapat memecahkan permasalah yang dihadapi berkaitan dengan implementasi kurikulum 2013.
Semoga materi ini dapat digunakan oleh para pelatih, para kepala sekolah,  maupun para pengawas sekolah dalam melaksanakan pendampingan implementasi  kurikulum 2013.

B. Deskripsi Singkat
Bahan ajar ini membekali Anda untuk memiliki kemampuan memahami hakikat, prinsip,   komponen RPP serta menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sekaligus membimbing guru dalam menyusun RPP.
C.    Tujuan Pembelajaran
1.  Kompetensi Dasar
Setelah menyelesaikan bahan pembelajaran ini Saudara diharapkan mampu:
a.Memberikan pemahaman kepada guru tentang hakikat dan prinsip penyusunan RPP.
b.Memberikan pemahaman kepada guru tentang komponen-komponen dan sistematika RPP
c. Membimbing guru menyusun  RPP yang memnuhi standar.
2.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Saudara dapat:
a.Memahami hakikat dan prinsip penyusunan RPP serta pentingnya menyusun RPP.
b. Memahami komponen-komponen dan sistematika RPP.
c. Mampu menyusun RPP
d. Mampu membimbing guru dalam menyusun RPP.
D.    Materi Pokok dan Sub Materi Pokok
Adapun materi pokok dan sub materi poko yang akan dibahas dalam bahan ajar ini adalah sebagai berikut:
1.    Hakikat RPP, menguraikan tentang: pentingnya menyusun RPP, hakikat RPP dan prinsip-prinsip penyusunan RPP, komponen-komponen dan sistematika RPP.
2.    Teknik Menyusun RPP, menguraikan tentang langkah-langkah menyusun RPP, format pembimbingan guru menyusun RPP
3.    Strategi Pembimbingan Penyusunan RPP, menguraikan tentang strategi yang dilakukan untuk membimbing guru dalam menyusun RPP.
E.    Metode Pembelajaran
Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas. Dalam pembelajaran, metode tersebut  diterapkan dalam skenario pembelajaran seperti terlihat pada gambar 1.1 di bawah ini.
 
Riview File
 
F.    Media Pembelajaran
Media  pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran adalah:
1.    Bahan Ajar
2.    Naskah
3.    Slide
4.    Lembar Kerja
Selengkapnya silahkan unduh bahan ajar RPP, filenya pada tautan di bawah ini.


Demikian file yang dimuat kali ini semoga bermanfaat. Amin 
Salam selalu buat kita semua, yang sudah berkunjung, mudah-mudahannya bertambah ilmu yang bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar